Kamis, 14 Agustus 2014

Mengenal Plasma Nutfah Ayam Indonesia dan Pemanfaatannya


Buku ini merupakan edisi kedua yang dicetak ulang dengan beberapa revisi untuk penyempurnaannya yang diterbitkan untuk memenuhi permintaan KEPRAKS Indonesian Native Chicken Communityserta para pengguna seperti Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (HIMPULI) dan masyarakat peternakan lainnya . Selain itu penerbitan edisi kedua buku ini sebagai kontribusi terhadap pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia, khususnya plasma nutfah ayam Indonesia.
Buku Mengenal Plasma Nutfah Ayam Indonesia dan Pemanfaatannya merupakan salah satu dokumentasi yang diharapkan dapat menambahkan dan melengkapi berbagai informasi ke dalam khazanah ilmu dan pengetahuan peternakan, khususnya ternak ayam lokal. Berbagai publikasi yang berhubungan erat dengan buku ini sudah ada beredar, namun buku ini memberikan kontribusi yang lebih lengkap mengenai ayam-ayam lokal di Indonesia serta ayam pendatang yang sudah beradaptasi di Indonesia, dilengkapi dengan berbagai informasi fenotipe secara kuantitatif dan kualitatif. Karakteristik ayam-ayam Indonesia ini dicirikan dengan tampilan fenotipe yang beragam mulai dari warna bulu sampai produktifitas . Dalam buku ini berbagai jenis ayam berdasarkan pemanfaatannya dijabarkan baik dari segi kondisi tampilan eksternal, atau ciri-fisik yang membedakan ayam jenis tertentu dengan ayam ras dari luar Indonesia. Selain itu dalam buku ini dikemukakan pula secara detail data-data produktifitas telur, pertumbuhan, maupun kualitas telur bagi jenis ayam tertentu yang informasinya sudah lengkap . Buku ini paling sedikit akan memberikan kepada para pembaca, suatu pengetahuan akan ayam-ayam lokal di Indonesia. Selanjutnya besar kemungkinan para akademisi yang tertarik dapat memakai buku ini sebagai salah satu referensi setiap kegiatan pemuliaan ayam-ayam lokal Indonesia.
Dr. Tike Sartika adalah peneliti Balai Penelitian Ternak yang dalam 10 tahun terakhir ini memperdalam pengetahuan akan sifat-sifat ternak ayam lokal Indonesia. Ilmu dasar yang beliau kuasai adalah Ilmu Pemuliaan Ternak. Bekerja sama dengan rekan penelitinya, Dr. Sofjan Iskandar yang aktif di dalam menggalakkan plasma nutfah ayam lokal Indonesia berusaha untuk menyusun buku ini untuk dipersembahkan kepada anak-anak bangsa Indonesia tercinta .
Prof. Dr. Ir. Kusuma Diwyanto MS adalah Peneliti Utama bidang Ilmu Pemuliaan Ternak. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Komisi
Nasional Plasma Nutfah, disamping mantan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan dan mantan Direktur Pemibibitan, Direktorat Jenderal peternakan. Koreksi dan saran beliau dalam mempertajam substansi dan redaksi memberikan nilai tambah yang tinggi, terutama dalam aspek keilmuan dan pengetahuan untuk lebih memahami arti dan pemanfaatan sumberdaya genetik ayam di Indonesia.
Kepada Drs Ade M Zulkarnain, Ketua KEPRAKS yang juga Ketua Umum HIMPULI saya kenal sebagai peternak yang peduli dengan pelestarian dan pengembangan plasma nutfah ayam Indonesia untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan melalui usaha budidaya dan perbibitan. Kami ucapkan terima kasih atas prakarsanya dalam penyempurnaan buku ini serta pendanaannya . Juga kepada Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) yang memberikan dukungan serta sebagian pendanaan pencetakan edisi kedua buku ini, kami mengucapkan terima kasih .
Semoga Allah SWT memberikan pahala yang setimpal kepada semua pihak yang memberikan kontribusi atas tersusunnya buku ini . Insya Allah buku ini dapat memberikan berbagai pencerahan mengenai ayam-ayam lokal Indonesia dan pemanfaatannya oleh masyarakat Indonesia dari ujung Barat sampai ujung Timur .


Dr Ir Sofjan Iskandar Kepala Balai Penelitian Ternak, Ciawi, Bogor
File fulltext : Download (11.554 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak