Senin, 25 Agustus 2014

Seratus Tahun Bbalitvet 1908-2012


Buku berjudul SERATUS TAHUN BALAI BESAR PENELITIAN VETERINER (EDISI KEDUA) disusun dalam rangka menambah informasi dari buku terdahulu yang berjudul ”Seratus Tahun Balai Besar Penelitian Veteriner” terbitan tahun 2008 yang telah diterbitkan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Balai Besar Penelitian Veteriner (BBalitvet). Buku ini dilengkapi dengan data dan informasi terkini sesuai dengan perkembangan yang ada di Bbalitvet hingga tahun 2012.

Dalam memperingati satu abad keberadaan Bbalitvet, buku ini memberikan kilas balik sejarah pendirian Bbalitvet hingga dapat melewati kurun waktu yang lama dan napak tilas serta peranan Bbalitvet dalam menghadapi berbagai situasi dan pergantian jaman. Usia satu abad bagi suatu institusi sudah cukup matang dan seyogianya membuat Bbalitvet lebih mapan dalam melakukan tugas penelitian, khususnya di bidang veteriner. Dalam menyongsong era globalisasi dan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, maka Bbalitvet juga harus tetap tegar dan terus menerus melakukan perbaikan dan pengkataan dengan didukung oleh sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan penelitian bidang veteriner yang penuh dengan berbagai tantangan dan kendala.

Buku ini mengupas perkembangan Bbalitvet secara kronologis sesuai dengan perjalanan sejarah dan waktu, didukung oleh data berdasarkan sumber tertulis berupa publikasi maupun data lainnya. Informasi yang disajikan meliputi empat periodik yaitu Masa Prakemerdekan (Masa Kolonial Belanda dan Jepang), Masa Kemerdekaan (1945 – 1969), Masa Pembangunan (1970 –1997), dan Masa Reformasi (1998 hingga sekarang). Pembahasan juga dilengkapi dengan tantangan, peluang dan kesempatan yang akan dihadapi oleh Bbalitvet dalam mengisi abad ke-21 ini.

Informasi yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan penelitian yang telah dilakukan serta temuan dan teknologi unggulan yang telah diperoleh, dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Perkembangan yang menyangkut pembangunan  sarana dan prasarana, serta pengembangan Sumber Daya Manusia terutama yang terkait dengan Biosafety dan Biosecurity juga disampaikan secara lengkap. Di tahun 2008, Bbalitvet telah memiliki kebanggaan tersendiri yaitu Laboratorium Zoonosis yang setara dengan BSL-3 dan Laboratorium Moduler BSL-3 yang didatangkan langsung dari Amerika.

Semoga buku yang berisi kilas balik ini dapat menjadi cermin untuk meningkatkan peran dan kinerja Bbalitvet dimasa yang akan datang


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Dr. Ir. Haryono, MSc
Cover : Download (238 Kb)
File fulltext : 100 Tahun Bbalitvet Bag. I -- Download (3.231 Kb)  Bag. II -- Download (5.717 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak