Selasa, 26 Agustus 2014

Sumber Daya Genetika Tanaman Pakan Ternak Adaptif Lahan Kritis


P
erkembangan usaha peternakan di Indonesia khususnya ternak ruminansia tidak terlepas dari ketersedian pakannya terutama hijuan pakan ternak. Oleh karena itu, hijauan pakan ternak salah satu factor pembatas keberhasilan  sub sector peternakan yang perlu dikelola dengan baik. Keberhasilan sumber daya genetika Tanaman Pakan Ternak yang dimiliki Badab Litbang Pertanian perlu dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produktivitas pertanian umumnya dan peternakan pada khususnya.

Buku Sumber Daya Genetika Tanaman Pakan Ternak Adatif Lahan Kritis ini diterbitkan antara lain untuk mendukung program PSDS/K yang sedang dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, dan untuk meminimalkan degradasi lahan pertanian, daerah aliran sungai (DAS) maupun bekas area pertambangan, dan daerah marginal lainnya akibat konversi lahan dan kegiatan antropogenik lainnya. Dengan demikian buku ini akan sangat bermanfaat sebagai acuan bagi para pihak yang terkait dalam produksi ternak, pengelola DAS, sector kehutanan, pengelola sector pertambangan, petani-peternak dan para pemandu teknologi di dalam upanyanya memberikan pelayanan kepada para petani-peternak,
Dengan diterbitkannya buku Sumberdaya Genetika Tanaman Pakan Ternak Adatif Lahan Kritis, pemahaman para pengelola para pihak tersebut mengenai hijauan pakan akan lebih baik sehingga mereka akan lebih mampu memfasilitasi kebutuhan sesuai sub-sektor masing-masing akan pengetahuan tentang hijauan pakan, khususnya yang tumbuh di wilayah lahan kritis. Diharapkan agar buku ini dapat menjadi acuan dalam menuju pertanian yang berwawasan lingkungan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Dr. Ir. Haryono, MSc
Cover : Download (238 Kb) - File fulltext : Download (6.834 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak