Selasa, 05 Agustus 2014

Pedoman Teknis Pemeliharaan Induk Dan Anak Kambing Masa Pra-Sapih


Pengelolaan induk dan anak kambing merupakan salah satu titik kritis dalam usaha produksi kambing, karena terkait erat dengan efisiensi biologis maupun ekonomis sistem produksi. Sebagian besar pengusahaan ternak kambing di Indonesia merupakan usaha peternakan rakyat dengan tingkat penerapan teknologi serta manajemen yang cukup beragam. Keragaman dalam hal intensitas penggunaan maupun pemilihan jenis teknologi dapat disebabkan antara lain oleh perbedaan agro-ekosistem dimana ternak kambing dipelihara ataupun oleh tingkat pengetahuan serta pengalaman dalam berusaha.

Buku pedoman teknis ini secara khusus memuat prinsip dan teknis pengelolaan/pemeliharaan induk kambing beserta anak yang baru dilahirkan pra-sapih).Pengelolaan mencakup aspek manajemen perkawinan,manajemen dan sistem pakan, teknis pemeliharaan, pengendalian kesehatanpakan serta memamparkan berbagai inovasi teknologi pakan yang dapat diterapkan dalam usaha peternakan kambing baik yang dikelola dengan pola peternakan rakyat maupun pengelolaan secara komersial dengan orientasi keuntungan.
Semoga buku petunjuk teknis ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang berkepintingan dan memberi kontribusi bagi peningkatan efisiensi usaha ternak kambing.
File fulltext : Download (1.826 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak