Jumat, 15 Agustus 2014

Petunjuk Teknis Pengelolaan Pakan Dalam Usaha Ternak Kambing


Sebagian besar pengusahaan ternak kambing di Indonesia merupakan usaha peternakan rakyat dengan tingkat penerapan teknologi serta manajemen yang cukup beragam. Keragaman dalam hal intensitas penggunaan maupun pemilihan jenis teknologi dapat disebabkan antara lain oleh perbedaan agroekosistem dimana ternak kambing dipelihara ataupun oleh tingkat pengetahuan serta pengalaman dalam berusaha. Oleh karena itu, adanya sumber informasi yang secara prinsip-teknis dapat menjangkau berbagai kondisi lingkungan yang beragam diharapkan dapat membantu meningkatkan penerapan teknologi dan teknis manajemen dalam usaha produksi kambing. Salah satu aspek sangat penting dalam usaha produksi kambing adalah pengelolaan pakan secara efisien.

Buku petunjuk teknis ini secara khusus memuat prinsip dan teknis pengelolaan pakan serta memamparkan berbagai inovasi teknologi pakan yang dapat diterapkan dalam usaha peternakan kambing balk yang dikelola dengan pola peternakan rakyat maupun pengelolaan secara komersial dengan orientasi keuntungan. Aspek manajemen dan teknologi pakan yang dikemukakan dalam buku ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau berbagai agro-ekosistem yang berbeda.

Semoga buku petunjuk teknis ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang berkepintingan dan memebri kontribusi bagi peningkatan efisiensi usaha ternak kambing.

File fulltext : Download (1.005 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak