Minggu, 31 Agustus 2014

Kajian Status Virus AI (Avian Influenzae) pada Unggas di Indonesia dan Kaitannya dengan Kejadian Flu Burung Terkini pada Manusia


Segala puji hanya kepada Allah Azza Wa Jalla atas diterbitkannya Booklet dengan judulKajian Status Virus AI (Avian Influenzae) pada Unggas di Indonesia dan Kaitannya dengan Kejadian Flu Burung Terkini pada Manusia oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Dalam rangka pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, aspek penyakit hewan terutama zoonosis sangat mendapat perhatian dari Pemerintah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pengendalian Zoonosis dan ditindaklanjuti dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia selaku Ketua Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis Nomor 28 Tahun 2012 tentang Rencana Strategis Nasional (Renstranas) Pengendalian Zoonosis Terpadu Tahun 2012-2017. Renstranas ini disusun oleh seluruh Kementerian/lembaga yang menjadi anggota Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis (KNPZ) yang difasilitasi oleh Bappenas.

Beberapa rapat koordinasi KNPZ telah disepakati oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan bahwa terdapat beberapa penyakit prioritas yang penanganan/ pengendaliannya dilaksanakan secara terpadu. Salah satu penyakit tersebut adalah Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) pada unggas atau Flu Burung (FB) yang secara kumulatif merupakan yang tertinggi di dunia dan bahkan dikuatirkan Indonesia akan menjadi sumber episentrum pandemi FB di dunia. Sehubungan dengan hal tersebut dan mempertimbangkan bahwa virus influenza secara alami dan konsisten melakukan mutasi, maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan telah melaksanakan suatu diskusi tentang "Kajian Status Virus Avian Influenza pada Unggas di Indonesia dan Kaitannya dengan Kejadian Flu Burung Terkini pada Manusia". Hasil diskusi ini selanjutnya didokumentasikan pada buku ini.

Ucapan terimakasih dihaturkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada diskusi dan penyusunan buku ini . Berbagai masukan konstruktif untuk penyempurnaan buku ini sangat diharapkan dan semoga buku ini bermanfaat dalam pengendalian HPAI pada unggas dan/atau penanganan FB pada manusia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Dr. Ir. Haryono, MSc
File fulltext : Download (1.325 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak