Jumat, 29 Agustus 2014

Hijauan Pakan Ternak untuk Lahan Sub-optimal


Hijauan pakan merupakan salah satu faktor pembatas perkembangan ternak yang perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Bagi wilayah-wilayah dimana tidak ada kendala agroekosistem, ketersediaan hijauan pakan bukan merupakan kendala. Namun bagi wilayah-wilayah dengan kondisi sub-optimal, hijauan pakan tidak bisa tersedia setiap saat. Kondisi agroekosistem sub-optimal bisa dalam hal kondisi lahan, bisa jugakondisi iklim.

Di dalam buku Hijauan Pakan Ternak untuk Lahan Sub-Optimal di Indonesia ini dibahas spesies-spesies tanaman, pakan yang toleran untuk kondisi lahan sub-optimal, seperti lahan kering iklim kering, lahan gambut, lahan rawa, dan lahan bekas tambang yang selama ini tidak bisa atau sulit untuk dimanfaatkan untuk pertanian tanaman pangan. Dengan demikian, buku ini diharapkan akan bermanfaat bagi para petani-peternak dan penyuluh pada agroekosistem sub-optimal.

Buku Hijauan Pakan Ternak untuk Lahan Sub-Optimal ini diharapkan petani-peternak dapat meningkatkan pengetahuan tentang hijauan pakan, khususnya yang tumbuh di wilayahnya masing-masing. Bagi para peneliti di lingkungan Badan LitbangPertanian, buku ini dapat menjadi referensi dalam melakukan penelitian atau pengkajian.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Dr. Ir. Haryono, MSc

Cover : Download (717 Kb) - File fulltext : Download (2.857 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak