Jumat, 04 Juli 2014

Panduan Karakterisasi Ternak Itik


Sumber daya genetik ternak (SDG-T) sebagai kekayaan nasional perlu dilestarikan dan dimanfaatkan guna menunjang peningkatan produksi ternak. Pengelolaan SDG-T menjadi tanggung jawab semua pihak, balk pemerintah, swasta maupun masyarakat luas . Pelestarian SDG-T dapat dilakukan bersamaan dengan pemanfaatannya . Pengelolaan SDG-T dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan bersama UPT di bawahnya, yaitu Balai Penelitian Ternak, Loka Penelitian Kambing Potong dan Loka Penelitian Sapi Potong .

Karakterisasi dan evaluasi merupakan rangkaian kegiatan pengelolaan sumberdaya genetik untuk mengetahui potensi sifatsifat yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan dalam program pemuliaan . Karakterisasi SDG-T dilakukan terhadap sifat-sifat morfologi kualitatif, kuantitatif, produktivitas, jarak genetik, ataupun polimorphisme darah .

Buku panduan Karakterisasi Ternak Itik disusun berdasarkan gabungan beberapa pustaka, mengingat bahwa terdapat cukup banyak sumberdaya genetik itik di Indonesia dengan potensi yang belum semua diketahui dan dimanfaatkan . Sehubungan dengan hal itu Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menyusun Buku Panduan Karakterisasi Ternak Itik ini .

Diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi yang berkepentingan, sebagai acuan bagi para penyusun karakterisasi ternak itik untuk menunjang kegiatan pengelolaan SDG-T .

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk keberlanjutan pengelolaan sumberdaya genetik ternak .

File fulltext : Download (1.699 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak