Minggu, 27 Juli 2014

Buku Panduan Ibadah Qurban dan Aqiqah Bagi Umat Islam Indonesia


Penyelenggaraan Kegiatan Bursa Hewan Qurban atau BHQ di Puslitbang Peternakan dilaksanakan Setiap tahun pada saat menjelang perayaan hari Raya Idul Adha. Pada tahun 2012 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 16-26 Oktober 2012 yang merupakan kegiatan BHQ ke 13. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Puslitbang Peternakan Dan Dinas Pertanian Kota Bogor serta dibantu oleh Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kota Bogor.

Penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penanganan dan pemotongan hewan Qurban, baik secara Syarat medis peternakan dan Veteriner, maupun secara syarat Syariat Agama Islam yang meliputi Aman, Sehat, Utuh, dan Halal ( ASUH ). Demikian pula dengan tata cara pemilihan hewan Kurban yang tepat dan menjadi syarat dan ketentuan dalam pelaksanaan ibadah.
Rangkaian kegiatan BHQ berupa penjualan hewan Qurban ( Sapi, Domba, Kambing ), Sosialisasi tata cara penanganan hewan Qurban, pameran/promosi produk dan teknologi peternakan/veteriner, bazar, dan acara-acara pendukung lainnya.
Diharapkan dengan adanya kegiatan BHQ dan diterbitkannya buku panduan ini, masyarakat ( Umat Islam ) dapat terbantu dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. Demikian juga, para peternak dapat terbantu dalam memasarkan hasil usaha peternakannya.
Kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, di ucapkan terimakasih, dan semoga menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT.
File fulltext : Download (1.093 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak