Senin, 15 September 2014

Petunjuk Teknis Pemeliharaan dan Penyapihan Pedet Sapi Potong


Puji syukur kehadirat Allah SWT kami panjatkan karena atas rahmat dan hidayah-Nya pembuatan Petunjuk Teknis Pemeliharaan dan Penyapihan Pedet dapat diselesaikan. Petunjuk teknis ini disusun secara praktis agar lebih mudah dipahami dan diaplikasikan peternak rakyat dalam usaha budidaya sapi potong.

Secara umum, kematian pedet pada peternakan rakyat masih tinggi yaitu mencapai 30% dimana salah penyebabnya adalah karena tidak tepatnya proses penyapihan, tingginya konsumsi bahan pakan berserat tinggi seperti rumput dan beberapa jenis hijauan lainnya; dan belum siapnya sistem pencernaan untuk menerima asupan bahan pakan tersebut, akan berpengaruh terhadap performans produksi dan aspek ekonomi pemeliharaan pedet. Perlakuan dan penanganan yang tepat pada pedet maupun sapi muda akan menghasilkan sapi potong berkualitas -baik pada hewan jantan maupun betina. Penerbitan buku ini dibiayai oleh kegiatan Diseminasi Teknologi Sapi Potong Loka Penelitian Sapi Potong pada TA 2013.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku petunjuk teknis ini. Kami menyadari isi metode penyajian buku ini masih belum sempurna, sehingga sumbang saran dan koreksi yang bersifat membangun selalu kami harapkan. Semoga buku petunjuk teknis ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang peduli dengan masa depan pembangunan sapi potong Indonesia.

File fulltext : Download (1.699 Kb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Perpustakaan Puslitbangnak